Indonesia tertulis dalam Alkitab – (I)

Indonesia tertulis dalam Alkitab – Part I

Alkitab menubuatkan banyak hal dan meskipun sebagian nubuatan tersebut sudah digenapi, namun banyak juga yang menanti penggenapan-nya dan yang saat ini sedang digenapi, Terkadang banyak hal yang tertulis dalam Alkitab sukar untuk kita pahami dengan nalar manusiawi kita, namun justru disitulah dibutuhkan tuntunan dari Roh Kudus untuk dapat mengerti hal – hal yang sukar untuk dipahami, ada kalanya Tuhan sengaja ber Firman dengan menggunakan perumpama-an yang tidak dimengerti oleh orang umum, tetapi kepada orang orang tertentu yakni murid-murid-NYA Ia berbicara secara gamblang dan menyingkapkan rahasia – rahasia Kerajaan Allah yang tersembunyi. ( Markus 4 :11-12)

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Negara kita tercinta “Indonesia” yang ke-70, sebuah gerakan doa digelar setiap bulan sejak awal tahun 2015, acara yang digagas oleh Jaringan Doa Nasional (JDN) dan bekerjasama dengan berbagai denominasi gereja di seluruh tanah air ini mengadakan kegiatan doa secara serentak selama 15 jam setiap tanggal 15 selama tahun 2015 ini. Selain di Jakarta, acara doa 15-15-15 ini juga diadakan serentak di 62 kota lainnya di seluruh Indonesia.

indonesia dalam alkitab

Pada salah satu sesi, seorang hamba Tuhan yang jadi pembicara membagikan apa yang menjadi rancangan dan ketetapan Tuhan atas bangsa Indonesia, Destiny yang sudah Tuhan rancang-kan sejak dahulu untuk bangsa ini dan sedang menuju pada penggenapannya, berikut adalah 7 Tanda dan Pesan Tuhan atas Indonesia sesuai dengan apa yang telah tertulis dalam Alkitab :

1. Bangsa yang hidup di kepulauan
Dalam Alkitab telah dituliskan mengenai bangsa ini secara spesifik,
– Yesaya 41:5 (Pulau – pulau telah melihatnya dan menjadi takut, ujung ujung bumipun menjadi gemetar, mereka datang dan makin mendekat)
– Yesaya 42:10 (Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN dan pujilah Dia dari ujung bumi ! Baiklah laut bergemuruh serta segala isinya dan pulau-pulau dengan segala penduduknya.)
– Yesaya 51:5 (Dalam sekejap mata keselamatan yang daripadaKU akan dekat, kelepasan yang Kuberikan akan tiba, dan dengan tangan kekuasaanKU Aku akan memerintah bangsa-bangsa; kepada-KU lah pulau pulau menanti-nanti, perbuatan tanganKU mereka harapkan)
– Yesaya 60:9 (Sungguh, Akulah yang dinanti-nantikan pulau-pulau yang jauh;…………….)

Berkali kali Yesaya berbicara tentang bangsa yang hidup di pulau-pulau, Pulau yang didiami oleh Kedar dan Nebayot. Siapakah yang dibicarakan oleh Yesaya dalam ayat ayat tersebut diatas ? Sesungguhnya Yesaya sedang berbicara tentang Indonesia.

a. Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni). Disini ada 3 dari 6 pulau terbesar didunia, yaitu : Kalimantan (pulau terbesar ketiga di dunia dengan luas 539.460 km2), Sumatera (473.606 km2) dan Papua (421.981 km2)

b. Indonesia adalah Negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia

c. Indonesia merupakan Negara dengan suku bangsa yang terbanyak di dunia. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa/etnis, dimana di Papua saja terdapat 270 suku bangsa

2. Negeri yang didiami keturunan Abraham, seperti kita ketahui bersama bahwa kepercayaan terbesar di Negara ini adalah Islam dan Kristen ( keturunan Ismael dan Ishak ). Sejarah mencatat bahwa Indonesia adalah negara muslim terbesar di dunia. Dalam Kejadian 17 tertulis dengan jelas mengenai 2 orang keturunan Abraham yang akan menjadi bangsa yang besar. Ismael akan menjadi bangsa yang besar dan Ishak pun akan menjadi bangsa yang besar. Dan di negara kita ini hidup 2 kelompok besar keturunan Abraham, dari Ismael dan dari Ishak

(Kejadian 25:13) – Inilah nama anak-anak Ismael, disebutkan menurut urutan lahirnya: Nebayot, anak sulung Ismael, selanjutnya Kedar, Adbeel, Mibsam. Jadi kaum kedar dan nebayot adalah keturunan Ismail (Islam)

Alkitab berkata bahwa Tuhan akan memulihkan keturunan Abraham termasuk Kedar dan Nebayot

a. Yesaya 60 : 7 – Segala kambing domba kedar akan berhimpun kepadamu, domba-domba jantan nebayot akan tersedia untuk ibadahmu; semuanya akan dipersembahkan di atas mezbah KU sebagai korban yang berkenan kepada-KU

b. Roma 4 : 16 – Karena itulah kebenaran berdasarkan iman supaya merupakan kasih karunia, sehingga janji itu berlaku bagi semua keturunan Abraham, bukan hanya bagi mereka yang hidup dari hukum Taurat, tapi juga bagi mereka yang hidup dari iman Abraham. Sebab Abraham adalah Bapa kita semua.

c. Ibrani 2 : 15-16 – dan supaya dengan jalan demikian Ia membebaskan mereka yang seumur hidupnya berada dalam perhambaan oleh karena takutnya kepada maut. Sebab sesungguhnya, bukan malaikat – malaikat yang Ia kasihani, tetapi keturunan Abraham yang Ia kasihani.

Jangan heran kalau banyak keturunan Abraham dari Ismael akan menerima Anugerah, Kasih Karunia (Grace) dan mengalami perjumpaan secara pribadi dengan Tuhan Yesus, karena mereka juga anak anak Abraham, dan Tuhan sedang memulihkan kedua keturunan Abraham ini, dan ini terjadi di Indonesia

3. Bukan kebetulan  “Ke-Tuhanan yang maha esa” adalah dasar / fondasi dari ideologi negara ini
Melalui ideologi negara kita yakni Pancasila ( Panca = 5 ) dan 5 artinya Anugerah / Grace.  para pendiri bangsa kita jauh jauh hari telah meletakkan dasar Negara ini dalam fondasi ke Tuhanan yang esa / satu. Mendahulukan Tuhan sebagai prioritas dan landasan diatas segala galanya, meskipun saat merumuskan ideologi itu mereka mungkin tidak menyadarinya, namun Tuhan turut bekerja dalam segala hal. Secara tidak langsung para pendiri bangsa kita telah mendeklarasikan bahwa bangsa ini hidup dalam Anugerah, mempunyai satu Tuhan, dan Tuhan yang jadi prioritas utama.

– Zakharia 14 ayat 9
Maka Tuhan akan menjadi Raja atas seluruh bumi; pada waktu itu Tuhan adalah satu-satunya dan nama-Nya satu-satunya”

Akan tiba masanya penduduk negeri ini akan mengaku lewat mulut dan percaya dalam hati bahwa Yesus adalah satu satunya Tuhan, saudara saudara kita yang keturunan kedar akan mengaku bahwa Yesus atau yang dalam kepercayaan mereka disebut sebagai Isa, adalah satu satunya penyelamat, yang akan menghakimi semua manusia setelah mati, mereka akan menemukan jawaban atas pertanyaan yang ada selama ini dalam kepercayaan mereka mengenai “jalan yang lurus” itu
(Al-Fatihah 6 ) “ Tunjukilah kami jalan yang lurus…..”
(Yohanes 14:6) “Akulah jalan, kebenaran dan hidup……”

4. Mempunyai motto :  “Bhineka Tunggal Ika” Beraneka ragam namun satu
Hal ini berbicara mengenai doa dan kerinduan Yesus atas ciptaan-Nya, termasuk dua bangsa keturunan Abraham ini.
Yohanes 17 ayat 21 “Supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau…”  Onenes is the desire of the Father

Biarlah Indonesia menggenapi doa Yesus untuk kesatuan dan biarlah kasih Tuhan semakin dinyatakan di Indonesia sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan bangsa Indonesia untuk melakukan tujuan-tujuanNya.

( Bersambung ke Part-II )